Selasa, 19 April 2016

Resep Egg Chicken Roll ala Hokben

Bismillah.
Egg chicken roll.  Masakan jepang yang satu ini biasanya dihidangkan sebagai pelengkap bento beserta nasi jepang yang pulen dengan potongan sayuran yang diberi mayonaise. Sebagai perantau yang tinggal ribuan kilo jauhya dari restaurant gokana teppan di Mall Depok lantai 1, membuat kami menjadi lebih rajin mencari tahu resep-resep dari hidangan khas jepang yang pernah kami santap sewaktu di Indonesia dulu. Setidaknya kami bisa tetap makan hidangan khas jepang meski dari segi rasa ya levelnya masih dibawah menu ala restoran heheu.

Namun untuk resep yang satu ini, Alhamdulillah..lumayan mirip dengan yang ada di Hokben atau pun Gokana. Menu ini pun biasa kami jadikan stok frozen food yang dapat kami keluaran sewaktu-waktu dari freezer ketika kami butuhkan. Sebenarnya saya sudah pernah mencoba beberapa resep, namun dari sekian resep egg chicken roll yang pernah dieksekusi, menurut saya resep yang ini yang lebih pas di lidah rasanya. Tekstur dan performancenya pun lebih menyerupai yang ada di restaurant atau pun warung jepang ala kaki 5di Indonesia. Saya memperoleh resep ini dari salah seorang bunda di grup masak yang saya ikuti.

Berikut resepnya
EGG CHICKEN ROLL
Resep ala Wiwi Nanda
*Bahan Isi
- 500 gr ayam cincang halus(bisa blender)
- 200 gr udang kupas(gak pake juga enak)
- 4 bawang putih halus
- 1 sendok teh kecap asin
- 1 sendok makan minyak wijen
- garam
- 1/4 sdm lada bubuk
- 1/2 sdm gula pasir
- 2 sdm minyak goreng
- 2 putih telur
- 1 sdm maizena
- 1 sdm sagu

*Bahan kulit
- 3 telur + 2 kuning telur sisa bahan isi
- 4 sendok tepung terigu
- 1 sdm tepung sagu/maizena
150 ml air
- 1/2 sdm garam
-1 sdm margarin cair

Cara membuat:
Siapan dua wadah. Campur seluruh bahan isi dalam satu wadah. Di wadah yang berbeda, campur seluruh bahan kulit. Untuk bahan kulit, aduk-aduk hinggatepung tidak bergerindil. Setelah selesai diaduk, saring dengan penyaring, buang ampasnya. 
Siapkan penggorengan datar, tuang adonan bahan kulit yang sudah disaring kedalam penggorengan. Goreng dengan api sedang seperti menggoreng telur dadar. Satu resep diatas dapat menjadi beberapa dadar kulit.
Setelah semua bahan kulit sudah didadar, tuangkan adonan isi (secukupnya) diatas dadar kulit , lalu gulung dadar hingga isian tertutup rapat dalam dadaran. Gulung dengan plastic wrap, ikat ujung-ujungnya. Kukus hingga matang.
Setelah matang, buka plastic wrapnya.Potong-potong melintang. Lalu goreng terendam api yang sudah panas.


0 komentar: