Sabtu, 13 Februari 2016

MENYIAPKAN PERNIKAHAN DALAM WAKTU 3 PEKAN



Bismillah..

Alhamdulillah..baru-baru ini anggota keluarga kami bertambah satu. Adik ipar baru saja menggenapkan diennya pada akhir Januari lalu. Seperti yang umumnya dilakukan oleh pengantin baru, mereka mengganti profil picture mereka dengan foto pasangan hihi. Ada baiknya juga dalam rangka mensyiarkan wajah pasangan mereka ke rekan-rekan yang tidak berkesempatan hadir pada pernikahan mereka. Jadi ya, kalau pada suatu kesempatan ada yang melihat mereka jalan-jalan membawa gandengan, tidak perlu heran karena mereka telah menjadi pasangan yang halal, terikat hubungan mahram dalam agama Islam. Begitulah niat kami ketika kami mengganti profil picture kami dengan foto berpasangan beberapa waktu seusai menikah dulu (eh kok malah dibahas).

Berbicara tentang pernikahan, tetiba saya ingat masa-masa hectic yang dilalui saat menjadi calon pengantin dulu. Bayangkan saja, saya dan suami perlu menyiapkan pernikahan hanya dalam tempo 3 pekan saja! Hmm mungkin ada lagi ya yang lebih singkat dari kami. Tapi bagi saya, mempersiapkan pernikahan dalam waktu 3 pekan merupakan pengalaman yang memiliki sejarah tersendiri dalam kehidupan saya wkwk :) Semua keputusan dan segala urusan dituntut untuk serba cepat dan tepat dijalankan. Saya masih ingat, pertimbangan untuk menikah dalam waktu cepat saat itu tak lain dikarenakan adik-adik kami (adik kandung saya dan adik kandung suami) pada bulan september sama-sama harus meninggalkan Indonesia demi memenuhi kewajiban beasiswa s2 mereka ke negara  Taiwan (adik suami) dan Jepang(adik saya). Faktor lainnya adalah kami tidak ingin menunda terlalu lama, bukankah Rasulullah menganjurkan untuk menyegerakan pernikahan jika sudah merasa berjodoh satu sama lain? Karenanya, dengan berbekal kekuatan doa agar Dia tak hentinya memudahkan dan memberikan petunjukNya kepada kami,  diiringi berbagai ikhtiar yang melibatkan banyak pihak, Alhamdulillah, pada 14 September 2013, dari sebuah aula masjid di pinggiran kota Bogor kami dapat mengikat sebuah janji suci dihadapanNya.
Andalusia Islamic Center

Saya dikhitbah pada pekan pertama Agustus, dan keputusan tanggal pernikahan baru keluar di pekan ketiga. Bisa ditebak lah ya..apa yang menjadi faktor utamanya hehe. Yup, beberapa tempat alternatif untuk menyelenggarakan pernikahan di Bogor saat itu sudah full booked sampai dengan akhir tahun. Ada yang masih kosong jadwalnya, tapi setelah survey kami kurang sreg dengan lokasinya. Ada yang tempatnya sudah ok, tetapi list penyewanya sudah terisi penuh. Awalnya, kami sempat merencanakan untuk menyelenggarakan akad nikah dan walimatul ursy di waktu yang berbeda mengingat gedung gedung yang kami incar sudah padat jadwalnya. Namun setelah disyuro'kan kembali dengan keluarga besar, dengan berbagai pertimbangan yang ada,akhirnya kamipun memutuskan untuk menyelenggarakan akad dan walimah di hari yang sama. Alhamdulillah, berkat kemudahan dariNya, kami berhasil membooked tanggal 14 september sebagai waktu pernikahan kami di gedung Andalusia Islamic Center,Sentul City. Terkait tanggal14 ini pun punya historinya sendiri. Sebab pada awalnya, ketika pertama kalinya survey ke  Andalusia, booking list nya sudah terisi penuh, kecuali untuk tanggal 14 september, pihak gedung masih harus mengkonfirmasi karena di tanggal tersebut rencananya gedung  mau dipakai untuk salah satu kegiatan sebuah yayasan. Tetapi beberapa hari setelah survey, kami dihubungi oleh pihak marketing gedung, dan mendapatkan kabar kegiatan di tanggal 14 september resmi dibatalkan! MashaAllah..sungguh Maha Benar janjiNya..

Langkah  selanjutnya, kami mulai menyetting tanggal 14 september sebagai hari pernikahan kami. Kami pun  mulai hunting vendor-vendor yang kiranya akan terlibat dalam pernikahan kami. Disini Alhamdulillah saya merasa lumayan terbantu, karena yang pertama, saya memiliki cukup banyak waktu luang untuk mencari vendor pernikahan yang tepat karena status saya yang pengangguran hehe setelah sebelumnya, di akhir Juli Allah mudahkan sidang tesis saya sehingga saya dinyatakan lulus oleh bapak dosen penguji dan kembali lagi berkumpul dengan keluarga di Bogor. Yang kedua, hobi sampingan saya menjadi wedding organizer sejak tahun 2011 nyatanya memberikan banyak kemudahan untuk mengetahui sedikit banyak referensi vendor yang baik dikota Bogor. Dan yang ketiga, dukungan penuh dari keluarga terutama ibu yang selalu berkenan memberikan masukannya sebelum saya mengambil sebuah keputusan. Ditambah lagi faktor keempat, yaitu kekuatan dari orang-orang yang sudah melangitkan doanya demi kemudahan dan kelancaran acara kami. Meskipun target kami tidak sepenuhnya berhasil (karena adik suami sudah harus berangkat pada tanggal 6 september), tetapi Alhamdulillah, banyak sekali kemudahan yang kami rasakan untuk sampai di tanggal 14 september 2013. Untuk vendor catering dan dekorasi kami menggunakan Zainuddin Catering. Sedikit sekali testimoni Zainuddin catering ini yang saya dapatkan dari internet. Karena mereka tidak memanfaatkan social media ataupun website sebagai sarana promosinya.Info tentang Zainuddin catering kami dapatkan dari seorang perias yang kami survey. Dan Alhamdulillah, setelah bertemu dengan bu Dian pemilik catering Zainuddin dan cocok dengan selera masakannya setelah mengikuti testfoodnya, kami pun langsung memilih catering ini sebagai vendor pernikahan kami. Oh ya, Zainuddin catering ini sebenarnya usaha yang sudah dijalankan selama 3 generasi dan cukup eksis di Bogor. Pelanggannya nggak datang dari Bogor saja,tetapi dari daerah Jabodetabek juga. Selama ini mereka mengandalkan word of mouth sebagai kekuatan marketing mereka. Banyak pelanggan yang sudah menggunakan jasa mereka lalu mereferensikan kekerabat atau keluarganya. Istana Bogor pun sudah jadi langganan tetapnya Bu Dian. Oh ya, dan satu lagi, dari sisi harga pun cukup affordable malah lebih murah dari catering-catering yang sudah banyak dikenal di Bogor seperti Ros catering, Andriani, Ryand, dll. Nah, selain catering, bu Dian juga menawarkan jasa dekorasi. Karena sudah merasa klop setelah melihat album dekorasinya, akhirnya kami putuskan untuk memesan dekorasi dari Zainuddin catering juga.
dekorasi Zainuddin Catering
Dekorasi Catering Zainuddin

Untuk vendor rias, kami pakai referensi dari orang dalam alias keluarga hehe. Kolaborasi juga dengan vendor rias langganan WO kami. Kami meminta bantuan teteh Kartika Budiayawan untuk merias saya dan ibu. Sedangkan untuk rias keluarga, kami meminta bantuan ibu Nesya dari Sanggar Putri. Banyak yang bilang hasil riasnya membuat pangling. Bahkan ketika diperlihatkan foto-foto pernikahan kami, anak kami seakan tidak mengenal sama sekali itu ibunya heheuu. So,that's the power of make up. Bagaimana dengan busananya? Hmm untuk yang satu ini, orangtua kami cukup strict dalam memilih busana yang tepat. Setelah berputar-putar mencari busana yang bisa disewakan, akhirnya kami memutuskan untuk membuat sendiri gaun pengantinnya. Bersama penjahit langganan ummi mertua, kami memilah milih bahan di pasar mayestik. Dan Alhamdulillah, kurang dari 7 hari proses kerja atau tepatnya tiga hari sebelum hari H, gaun sudah siap untuk dipakai. Kenapa bisa cepat? Karena kami memilih kain yang sudah berpayet dan memilih desain yang cukup sederhana sehingga mudah dikerjakan oleh penjahitnya. Untuk beskap pengantin pria dan beskap orangtua kami menyewanya dari Sanggar pengantin. Seragam ibu dan ibu mertua, juga seragam saudara kandung kami titipkan untuk dibuatkan oleh penjahit langganan. Seragam keluarga besar dari seragam keluarga yang sudah pernah dipakai sebelumnya. Nah, kalau untuk fotografi nya kami serahkan semuanya ke Askar photography. Hasilnya Alhamdulillah cukup memuaskan.
baju pengantin
Dari harganya pun lumayan ramah di kantong hehe. Fotografer dan kameramennya ramah dan proaktif. Untuk posisi MC, dipegang oleh sahabat ayah dan ibu, pak waladan dan bu Endang. Keduanya adalah teman baik bapak dan Ibu yang komunikatif dan ramah.Alhamdulillah, meskipun menghadapi pesanan mendadak dari kliennya (H minus dua-tiga pekan), para vendor mampu bekerja dengan cukup profesional. Alhamdulillah, di saat 14 september itu lah saya merasakan pertolongan Allah begitu luar biasa. Pada awalnya, saya sempat bertanya-tanya, apakah masih terkejar waktu selama tiga pekan untuk menyiapkan semuanya sesuai dengan harapan? Nyatanya Allah memberikan orang-orang yang tepat  untuk hadir membantu terwujudnya pernikahan kami. Allah juga menghadirkan kemurahanNya lewat tangan-tangan hambaNya. Banyak pihak keluarga besar dan teman dekat kami, teman wedding organizer, juga teman dekat ayah dan ibu kami, yang membantu mewujudkan kelancaran pernikahan kami. Meskipun tentunya pastilah masih jauh dari kesempurnaan.

Bersama teman-teman 2006

Ini acaranya sudah 2,5 tahun yang lalu tapi baru dibahas sekarang?*tepokjidat* Hehe..maaf banget. Punteun pisan. Afwan jiddan. Ini mah judulnya mau nostalgia saja, sambil disyukuri atas kemudahan-kemudahan yang telah Allah berikan. Tentang kolaborasi doa, ikhtiar, dan keyakinan bahwa Allah selalu hadir di saat hambaNya membutuhkan. Disamping mau menyemangati teman-teman yang sedang dalam proses menyiapkan pernikahan. Juga mau memberikan rekomendasi barangkali ada teman-teman yang sedang cari info vendor-vendor pernikahan (hehehe..jadi aja niatnya bukan hanya nostalgia :p ). Pun perjalanan ini masih panjang untuk dilalui,hehe...semoga bahtera ini dapat terus melaju mengarungi lautan kehidupan yang diridhai dan diberkahi olehNya..

Barangkali bisa dijadikan alternatif vendor pernikahan bagi teman-teman yang membutuhkan, ini saya berikan kontak yang bisa dihubungi:

Wedding Organizer: Azzahra Wedding Organizer ( +62 899-9373-259 (Bandung Area), +62 813 1850 5752 (Jabodetabek) )
Rias Pengantin: Kartika Budiyawan (Facebook: Kartika Budiyawan)
Fotografi : Askar  Photography (Mas Tomi,+62 856-1758-445)
Catering dan dekorasi: Zainuddin Catering ( Bu Dian, 0251 8622 462, No HP by request)

Silaaakaaaaaan...   :)

6 komentar:

Istiqomah Collection - Jasa Jahit Profesional mengatakan...

Jasa jahit murah dan berkualitas. menjahit semua model dengan bahan yang tidak keras, cocok buat partner pembuat weding orgenaizer. hanya di sini Istiqomah Collection – Jasa Jahit Proffesional tempatnya. untuk informasi lebih lanjut buka office web di sini ( http://istiqomahshop0507.blogspot.co.id/ )

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum, Teteh punten mau nanya,klo Teteh tdk keberatan, blh minta kontak Bu Dian - Zainudin Catering & Decoration ga Teh? Sama kalo boleh mau minta budget list general wktu Teteh, biar sy mnysuaikn tahun ini. In syaa Allah tahun depan sy mau merit Teh. Mohon doanya ya Teh, dan dibales ke email

Nanaz, Bandung. Email : sp_nengtari@yahoo.com

Hatur nuhun udh sharing infonya Teh..

Unknown mengatakan...

Mau impian pernikahan kamu terwujud jadi nyata ? Ayo booking tanggal weddingmu sekarang di HIS Grand Slipi Convention Hall Wedding Package terlengkap semuanya sudah all in one, jadi capengers hanya perlu siapkan souvenir dan undangan aja ---------- Ayoo booking tanggal pernikahan -- Special saat ini kami berikan FREE SAMSUNG S8+ / MALDIVES 4D3N INCLUDE FLIGHT For more info call / text / whatsapp : Amira : 0812-8280-8394

Unknown mengatakan...

HIS Wedding Grand Slipi Convention Hall
Venue Wedding Terlengkap di Jakarta
Paket All-in-One , include :
- Ballroom dgn Kapasitas sampai 1500 Orang
- Catering (Buffet & Stall)
- Dekorasi
- Entertainment
- Photography
- Rias Busana / Bridal
- Wedding Organizer (8 Crew)
Bonus :
Wedding car for 8 Hours area Jakarta & MC
JULY HOT PROMO :
HONEYMOON (FREE) at The Kasih Villa's Bali for 3D2N
more info : PM me Dini or Call/WhatsApp 0812.8738.7883

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum,

saya Arif sales executive daripada Nurul Izzah Catering, jika tuan/puan/cik/en
nak pesan makanan yang enak daripada kami, boleh contact sy

arif-0139623326
saya cuba bg service terbaik untuk anda.
arif.nicsb@gmail.com

Visca mengatakan...

Dear Bride’s & Groom to be yang mau menikah didaerah Bogor tapi bingung? Yuk cari GRAND SAVERO HOTEL BOGOR hadir untuk para calon pengantin, dengan ALL in package , NO RIBET, semua dibantu oleh Wedding Consultant HIS untuk mewujudkan wedding impian para calon pengantin. Kalian tinggal duduk manis & mendapatkan arahan pemilihan vendor terbaik HIS, Wedding Package Include :
-Ballroom yg super exclusive –> ballroomnyaa udah oke punyaa pokoknya di Bogor
-Catering 400 pax for buffet & Free 150 Porsi Foodstalls
-Dekorasi
-Rias & Busana or Bridal (International Bride’s)
-Photography & Video
-Entertainment
-MC
-1 Superior Room for Bride’s & 1 Deluxe Room for Groom
-Vallet Parkir for All Tamu
-Promo –> Free Honeymoon 3D2N at Bali

Dan masih banyak promo-promo lainnya.

Luxury place with AFFORDABLE PRICE!
Hubungi Marketing HIS GRAND SAVERO HOTEL BOGOR 081218066818 – Visca