Minggu, 10 April 2016

Resep Bakso Ayam

Bismillah. Masih dalam rangka mengumpulkan resep. Khawatir resep-resep yang sudah disimpan di komputer terserang virus. Jadilah sebagai backup dipindahkan sebagiannya ke ruang digital ini. Inilah utamanya alasan mengapa saya akhirnya memindahkan resep kedalam blog. Agar lebih mudah dicari jika ada ingatan yang lupa. Juga agar dapat berbagi barangkali ada yang cocok dengan resep yang saya pakai juga. Banyak yang mengira bakso yang kami buat adalah bakso yang terbuat dari daging sapi, padahal kami membuatnya dengan olahan daging ayam.  Resep ini saya modifikasi. Resep aslinya dari mbak Lovely Ayi yang beberapa resepnya sering kita lihat hilir mudik di wall facebook hehe. Kami sudah cocok banget sama resep bakso yang satu ini dan belum ada niat untuk mengeksplor resep bakso yang lain hehe #pelangganloyal. Resep ini menurut kami termasuk yang mudah dikerjakan, bahannya pun mudah ditemukan.
Berikut resepnya:



Bakso Ayam

Resep asli: Lovely Ayi
Modifikasi oleh husnayainfamily

Bahan:

1kg daging giling(sy pakai chicken mince)
14 sdm tp tapioka
4 sdm tp terigu
telur 2butir
gula pasir 1 sdt
garam 1sdt. 

Bumbu haluskan: 

bawang merah goreng 5sdm 
bawang putih 5 buti dihaluskan atau bawang putih bubuk 4sdm
1,5sdm garam
1/2 sdm merica

Campur bahan kering terlebih dahulu ( terigu + tapioka + gula pasir + garam ) Aduk dengan spatula hingga merata. Lalu masukkan bahan basah ( telur + daging giling+ bumbu halus). Uleni dengan tangan hingga semua bumbu tersebar merata. Sementara itu, siapkan air 2 liter. Didihkan di dalam panci di atas api kecil. Bentuk adonan menjadi bulatan kecil-kecil menggunakan bantuan tangan (kira-kira seperti ini).  Lalu celupkan ke dalam air yang mendidih. Rebus hingga bakso mengapung di permukaan air. Angkat dan sisihkan.

Untuk kuahnya, cara penyajiannya bisa menggunakan air rebusan tulang atau daging, ditambah garam lada secukupnya.Tulang/ air kaldu, dapat diganti dengan kecap ikan.



0 komentar: