Jumat, 03 April 2015

Happy Tummy: Sop Iga Sapi Mantapp..

Mau coba posting resep-resep makanan yang udah lolos QC (Quality Control) ala pak misua..biar kalau saya sedang bingung mau masak apa atau lupa bahan-bahannya, bisa langsung meluncur ke blog ini..kelemahan saya adalah jarang menggunakan bumbu-bumbu dengan takaran-takaran yang sudah pasti ukurannya..jadi lebih ke main feeling saja..tambah ini tambah itu sampai rasanya dirasa pas di lidah..yang pasti NO MECHIN..usahakan semaksimal mungkin menghindari bahan-bahan yang mengandung MSG..

Nah, kalau yang satu ini Alhamdulillah...suami suka banget...rasanya pas sampai ke tulangnya..kunci daari memasak sop iga ternyata terletak pada teknik merebus dagingnya yang sampai 2x rebus dan memakan waktu yg cukup lama..hal ini untuk memastikan dagingnya berasa empuk dan mudah lepas dari tulangnya ketika kita melahapnya..

Sop Iga
Bahan-bahan:

Iga sapi 250gram
Kentang 1 buah yang besar, potong kotak-kotak
Wortel 2 buah yang gemuk-gemuk, potong bulat-bulat
Kembang kol 100 gram
Air rebusan pertama 1,5 Liter
Air rebusan kedua 1.5 Liter

Bumbu:
Bawang putih 3 siung, dicacah
Lada/ merica bubuk 1 sdm
Ketumbar 1 sdt
Biji Pala 2 butir
Kayu Manis 1 tangkai kecil
Garam dan gula secukupnya

Cara:
1. Cuci bersih iga sapi kemudian rebus iga ke dalam air yang sudah mendidih hingga 1,5 jam atau sampai iga matang dan darahnya keluar dari daging iganya, setelah itu tiriskan. buang airnya.
2. Rebus kembali iga ke dalam air yang sudah mendidih kurang lebih selama 1,5 jam. Sambil merebus iga, poyong-potong kentang dan wortel. Masukkan potongan wortel terlebih dahulu ke dalam rebusan disusul oleh potongan kentang. Setelah kurang lebih 10 menit masukkan kembang kol. Tambahkan bawang putih, merica/ lada, ketumbar, garam secukupnya. Tambahkan biji pala dan kayu manis yang sudah menjadi serbuk. Tambahkan gula secukupnya. Cicipi sedikit air rebusan, apabila masih belum pas coba tambahkan gula dan garam hingga rasanya gurih dan benar-benar pas di lidah. Setelah itu matikan kompor, tuangkan kedalam mangkuk. Sajikan.

Note: teknik merebus dua kali ini untuk menghindari bercampurnya darah pada rebusan pertama dan untuk mengambil kaldu daging pada rebusan kedua. Untuk penyajian bisa ditambahkan bawang goreng. Untuk sayuran bisa ditambahkan daun bawang dan seledri sesaat sebelum api dimatikan. Untuk tambahan bumbu, bisa ditambah cengkeh secukupnya..tanpa cengkeh pun sudah mantap :)





0 komentar: