Jumat, 24 April 2015

Happy Tummy:Sapo Tahu Bakso Sayuran

Lagi-lagi judulnya memanfaatkan sisa-sisa bahan makanan yang ada...kali ini saya punya stok: beberapa lembar sawi hijau, beberapa lembar sawi putih, satu potong wortel, satu batang brokoli, homemade bakso sapi, tahu sutra, dan beberapa lembar daun bawang. Karena ada tahu sutranya saya jadi kepikiran untuk membuat sapo tahu saja. Yang menjadi favorit adalah rasa kuahnya yang gurih dan kental karena menggunakan larutan tepung maizena. Sapo tahu ini merupakan menu andalan bagi ibu-ibu muda seperti saya. Masaknya ngga ribet, cepat, namun kaya akan kandungan gizi dan nutrisi.

Ini dia resepnya :)

Sapo Tahu Bakso Sayuran
Resep hasil modifikasi sendiri

Bahan:
- 3 siung bawang putih, cacah
- 1 ruas jahe, geprek
- 5 lembar sawi hijau, potong2 persegi panjang
- 10 lembar sawi putih, potong2 persegi panjang
- 3 cabai merah, potong serong
- 1 potong wortel, potong2 persegi
- 2 lembar daun bawang, potong serong
- 1 batang brokoli,  potong sesuai kuntumnya
-  6 butir bakso sapi
- Tahu Jepang / Tahu Sutra 140 gram, masak hingga permukaannya berubah warna.
- 2 sdm saus tiram
- 2 sdt kecap ikan
- 1/2 sdm kecap manis
- Air 500ml
- Minyak untuk menumis
- Gula dan garam secukupnya.
- 1 1/2 sdm tepung maizena, larutkan dalam sedikit air.


Cara Membuat:
- Tumis bawang putih, jahe  sampai harum. Masukkan cabai merah, aduk aduk hingga cabai layu. Masukkan 250ml air. Tunggu sampai mendidih. Masukkan potongan wortel. Tunggu sampai wortel setengah matang. Masukkan potongan brokoli dan bakso sapi hingga bakso berubah warna. Masukkan potongan sawi hijau, sawi putih, Tuangkan saus tiram, kecap ikan. Aduk-aduk merata. Masukkan kecap manis. Tambahkan gula dan garam. Cicipi hingga rasanya pas di lidah. Terakhir, kurang lebih 3 menit sebelum diangkat, masukkan daun bawang.  Tambahkan larutan tepung maizena.

- Sambil menunggu sayuran dimasak, goreng tahu sutra di atas wajan yang berbeda. Masak hingga permukaannya berubah warna (agak kekuningan). Angkat. Campurkan ke dalam panci berisi bakso+sayuran sapo tahu. Note: Tahu sutra digoreng terlebih dahulu agar ketika dicampur, teksturnya tidak gampang pecah.




0 komentar: