Jumat, 03 April 2015

Happy Tummy: Nasi Goreng

Nasi goreng adalah salah satu masakan favorit yang bisa saya andalkan pada saat-saat dimana  saya : 1) sedang kehabisan bumbu--> ketahuan belum sempat belanja lagi, hehe :p. 2) sedang diburu waktu --> waktu memasaknya relatif singkat, dari preparation sampai dressingnya ngga sampai 30 menit :) 3) ingin mendaur ulang makanan.  Nasi goreng ini bisa dijadikan menu andalan kalau-kalau ada sisa-sisa makanan sebelumnya yang masih tersisa di meja makan seperti nasi putih, ayam atau daging, potongan sayuran, dll. Lumayan banget untuk menghindari makanan yg mubazir ;)

Bahan-bahan:

Nasi putih ( jangan yang lembek yaa :) diusahakan yang agak pera atau yang biasa aja :) )
Telor 2 buah
Bakso
Sosis
Ayam goreng yang sudah disuwir-suwir
Sawi hijau
Sawi putih
Daun bawang
MInyak sayur
Kecap manis
Garam secukupnya


Bumbu-bumbu:
Bawang merah
Bawang putih
cabai
ebi atau udang rebon

Cara memasak:
Potong-potong bumbu-bumbu, uleni sampai halus, Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan minyak sayur. Setelah aromanya keluar, masukkan telur. Aduk-aduk telur hingga bercampur dengan tumisan bumbu halus. Masukkan bakso. sosis, ayam suir yang sudah matang. Masukkan potongan-potongan sayuran sawi hijau dan sawi putih. Aduk-aduk sampai sayuran layu. Tambahkan garam secukupnya. Masukkan nasi. Aduk-aduk hingga bumbu meresap merata kedalam nasi. Masukkan kecap manis sedikit sedikit. Aduk- aduk sampai nasi berubah warna sesuai dengan yang diinginkan. Tambahkan potongan daun bawang. Matikan api. Angkat. Sajikan dengan bawang goreng.

Notes:
Masak dengan api sedang. Boleh ditambahkan sayuran lainnya seperti pipilan jagung manis dan potongan tomat ( tomatnya dimasak sebentar bersama daun bawang sesaat sebelum api dimatikan untuk menciptakan rasa segar dan tampilan yang lebih menarik). Daging dapat diganti dengan daging lainnya seperti daging sapi, ati ampela, udang dll.

0 komentar: