Kamis, 23 April 2015

Happy Tummy: Sop Daging Kacang Merah



Setiap kali masak sop daging kacang merah, entah mengapa saya jadi mudah flashback ke masa lalu...dimana saya waktu kecil doyan banget dimasakin sop yang satu ini :) Alhamdulillah-nya anak saya juga suka. Nah khusus buat Fatih, biasanya sebelum saya tambahkan gulgar, saya sisihkan dulu sebagian sopnya agar dapat dinikmati oleh Fatih dengan aman. Untuk resepnya saya paling cocok dengan resep dari sajian sedap (www.sajiansedap.com). Untuk menambah kelengkapan nutrsinya, saya tambahkan tahu putih juga sebagai sumber protein nabatinya.

Bahan:

300 gram daging tetelan 
2.000 ml air 
100 gram kacang merah segar, direbus 10 menit, tiriskan
150 gram wortel, dipotong bulat
1 buah tomat, dipotong potong
1 batang daun bawang, dipotong 1 cm
1 batang seledri, diikat simpul
6 butir bawang merah, diiris tipis
3 siung bawang putih, diiris tipis
2 1/2 sendok teh garam 
1/2 sendok teh merica bubuk 
1/2 sendok teh pala bubuk 
1 sendok makan margarin, untuk menumis


Cara membuat:
  1. Rebus daging sampai mendidih dan empuk. Masukkan kacang merah, tomat, dan seledri. Didihkan kembali.
  2. Panaskan margarin, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Tuang ke dalam rebusan daging.
  3. Masukkan garam, merica, dan pala bubuk. Aduk rata.
  4. Masukkan wortel. Biarkan sampai wortel lunak.
  5. Menjelang diangkat, masukkan daun bawang. Aduk rata.

0 komentar: