Kamis, 23 April 2015

Happy Tummy: Tongseng Ayam

Bismillah...kali ini ingin sharing resep tongseng ayam hasil modifikasi saya sendiri yang baru saja dieksekusi pagi tadi. Berhubung stok sayuran di kulkas tinggal beberapa macam saja, dan Alhamdulillah..masih ada stok daging berupa dada ayam yang biasanya saya gunakan sbg salah satu protein hewani pilihan ke dalam menu MPASI harian anak..walhasil jadi terinspirasi untuk membuat menu tongseng ayam saja. Kelebihan memasak dengan daging ayam adalah waktu memasaknya menjadi jauh lebih cepat, terlebih sayuran yg saya gunakan hanya tauge dan bunga kol saja. sebelumnya saya sudah beberapa kali memasak tongseng namun kali ini resepnya sedikit berbeda.  Saya coba modifikasi dengan stok bumbu dapur dan sayuran yang ada,,dan Alhamdulillah..ternyata komposisinya menurut saya malah jauh lebih pas dibandingkan resep yg biasa saya pakai... berikut ini resepnya.. :)

Bahan:
- 250 gram dada ayam, potong-potong dadu
- 3 lembar daun kol, rajang kasar
- 100 gram tauge
- 2 buah tomat merah, potong dadu ---> ngga ada stok tomat, saya ganti dengan 1sdm saus tomat
- 2 batang daun bawang dirajang halus
- 500 ml air

Bumbu, haluskan:
- 6 cabai merah keriting
- 4 siung bawang putih
- 5 siung bawang merah
- 1 1/2 sendok teh ketumbar
- 2cm ruas jahe
- 4 butir kemiri
- Minyak atau margarin untuk menumis

Bumbu lainnya:
- 3 lembar daun jeruk, sobek-sobek
- 1 batang serai, geprek
- 1 sdm bubuk kari
- 1 sdm garam, tambahkan jika kurang asin
- 2 sdt gula pasir
- 2 sdm kecap manis


Cara membuat:
Tumis bumbu halus, daun jeruk dan batang serai. Tumis hingga harum dan berubah warnanya. Masukkan daging ayam, tumis dan aduk-aduk hingga daging berubah warna.


Tambahkan air, garam, gula, dan bumbu kari bubuk, masak hingga daging ayam empuk dan kuah sedikit menyusut. Tambahkan kecap manis, aduk rata. Tambahkan daun kol, tauge, masak hingga kol layu dan setengah matang. Tambahkan daun bawang, aduk-aduk dan cicipi rasanya.Tambahkan saus tomat, matikan api dan angkat. Tongseng ayam siap disajikan.

0 komentar: