Rabu, 21 Oktober 2015

Happy Tummy: Puding Roti Kismis Almond

Bismillah..salah satu aktivitas rutinan kami selama tinggal disini adalah menyetok roti dan susu sebagai stok makanan yang wajib tersedia di rumah. Mengapa roti dan susu? karena selain sehat, harganya juga sangat terjangkau. Susu UHT sebanyak 2Liter disini bisa didapat dengan harga 0.69 pound saja sedangkan 800gram slices roti tawar hanya dibanderol dengan harga 0.49 pound. Murah meriah bukan. Disini kita bisa memilih berbagai tipe roti, mulai dari yg gandum utuh sampai yg toastie ada semua. Untuk ibu menyusui sepertt saya, roti gandum utuh dan susu UHT menjadi pilihan favorit karena efektif meningkatkan produksi ASI. Nah, puding roti ini saya buat untuk menghabiskan stok roti thick white toastie  yang masa expirednya sudah sangat dekat.  Bisa juga dibawa sebagai bekal makanan kalau sedang ajak fatih jalan-jalan ke park. Berikut ini resepnya:


Bahan:
Roti tawar 200 gram, sobek-sobek. pisahkan ujung rotinya
Susu UHT 400ml
Telur 2 butir, dikocok
Margarin 50 gram
Vanili bubuk 1 sdt
Kismis 50 gram
Gula pasir 1,5 sendok makan

Topping:
Kismis
Almond/ kenari

Cara membuat:
Panaskan oven pada suhu 175 derajat. Sambil menunggu oven panas, siapkan semua bahan. Nyalakan kompor. Panaskan margarin di atas panci. Jika margarin mulai meleleh, matikan api sebentar. aduk-aduk margarin sampai mencair secara merata. Masukkan telur. aduk-aduk. Masukkan susu UHT, vanili bubuk, dan roti yang sudah disobek-sobek. Tekan pelan-pelan hingga semua roti terendam ke dalam kuah susu. Aduk-aduk hingga keluar aroma wangi nya. Matikan kompor. Masukan butiran kismis, tekan pelan hingga seluruh kismis terendam ke dalam adonan.

Siapkan loyang yang sudah diolesi mentega tipis-tipis atau bisa pakai wadah aluminium foil sekali pakai. Tuangkan adonan kedalam loyang/wadah. Taburi kismis dan almond sebagai topping sesuai selera. Masukkan ke dalam oven. Panggang selama 20-25menit. Lakukan pengecekan. Setelah matang, matikan oven. Keluarkan puding dari oven dan diamkan dulu pada suhu ruang sampai puding agak dingin. Kemudian, simpan puding di kulkas selama 3-4 jam atau bisa juga langsung disantap. Lebih  dalam kondisi puding yang dingin

0 komentar: