Jumat, 23 Oktober 2015

Happy Tummy: Kari Ayam Sederhana

Bismillah..kali ini mau posting resep yang sangat praktis dibuat: kari ayam :). Kenapa praktis? karena hanya perlu menggunakan bubuk kari, bawang merah, bawang putih, garam,kecap dan sayuran sebagai bahannya. Suami dan si kecil juga suka :) tambah mantap kalau dikasih irisan cabai merah, hmm..berhubung saya masih punya batita (ceritanya ga mau ribet masak dua lauk sekaligus,ups..) jadilah saya jarang sekali mencampurkan cabai kedalam resep masakan saya. Biasanya kalaupun sedang ingin makan pedas, saya sisihkan terlebih dahulu untuk anak saya. kemudian sisanya utk kami berdua, saya taburkan irisan cabai (rebus lagi kuahnya sebentar) atau bubuk cabai ke dalam lauknya.


Kari ayam sederhana
Bahan:
500gram ayam (saya pakai bagian thight, yang lebih juicy, bisa pakai bagian lain ya)
wortel 2 buah, potong bulat2
kentang 2 buah, potong kecil2
4 siung bawang merah (kalau disini 1/2 bawang merah krn bawangya ukuran jumboh), cacah
3 siung bawang putih, cacah
bubuk kari 1 sdm
garam secukupnya
kecap 1/2 sdt  (bisa diganti gula pasir)
minyak sayur 2 sdm
air secukupnya ( saya kurleb 400 ml )

Cara membuat:
Tuangkan minyak sayur. Tumis sampai harum bawang merah dan bawang putih yang sudah dicacah, masukkan bubuk kari. masukkan potongan ayam, tuangkan garam secukupnya, aduk-aduk hingga seluruh permukaan ayam berwarna kekuningan. masak hingga ayam setengah matang. Masukkan potongan wortel dan kentang, tuangkan air. Masak hingga wortel dan kentang empuk. Setelah semua bahan matang dan air menyusut, tambahkan kecap. aduk-aduk. lakukan tes rasa. Jika masih kurang mantap rasanya, tambahkan garam dan kecap (gula) sesuai selera.


0 komentar: