Selasa, 20 Oktober 2015

Happy Tummy: Black pepper Lambchop

Alhamdulillah..akhirnya kesampaian juga buat lambchop ini. Lambchop merupakan salah satu menu favorit yang banyak tersedia di restaurant-restaurant Middle East atau Asia di Manchester. Harga lambchop biasanya berkisar 5-7 pound per porsinya. Dengan harga yang sama kita sudah dapat membeli iga kambing mentah (lambchop) seberat 1kg di toko halal lho..mengingat komitmen  kami untuk dapat hidup lebih hemat dan mengurangi semaksimal mungkin jajan makanan di luar, akhirnya kami putuskan untuk membuat nya sendiri saja di rumah. Alhamdulillah..sebelumnya saya sempat merasakan lambchop dua kali pada event yang diselenggarakan oleh teman-teman suami disini, jadi sedikit banyak berani untuk mengira-ngira bahan dan bumbu yang dipakai untuk memanggang lambchop..alhamdulillah jadi favorit keluarga :) InsyaAllah praktis buatnya, yuk dicoba :)

Resep Black pepper Lambchop ala Husnayain Famz:

Bahan:
Iga kambing (lambchop) 500 gram

Bumbu:
Setengah sdm garam 
minyak sayur (sedikit saja)
sejumput blackpepper bubuk
sejumput merica bubuk
Jahe 1/2 jari dihaluskan / jahe bubuk sejumput
sejumput pala bubuk
daun basil secukupnya
**mohon maaf tidak pakai takaran yang pasti. Lakukan tes rasa setelah bumbu tercampur hingga rasanya pas sesuai selera.

Bahan saus lada hitam
1 bawang bombay
2 bawang putih
4-5 sdm blackpepper
2 sdm saus tomat
1 sdm saus sambal
1 sdm kecap manis
2 sdm susu UHT
400ml air kaldu 
1/4 sdm tepung maizena ( dilarutkan oleh sedikit air dulu)
garam dan gula secukupnya
margarin untuk menumis

Bahan Salad sayur
Wortel 1 bh diparut-parut dengan parutan yang agak besar lubangnya
Kol dicacah/ dipotong tipis tipis dg panjang kurleb 4cm.
Mayonaise

Cara membuat blackpepper lambchop panggang:
Campurkan semua bumbu. aduk-aduk hingga merata. masukkan iga kambing. Lumuri dengan bumbu hingga terendam oleh bumbu seluruh bagian iganya. Pukul pukul dengan tangan atau cobek agar bumbu meresap. Diamkan di kulkas selama setengah jam ( saya simpan di freezer 10 menit setelah itu dipindahkan ke fridge 20 menit). Selagi menunggu bumbu meresap dengan sempurna, siapkan bahan-bahan untuk membuat sausnya. Panaskan oven pada suhu 200 derajat cc selama 10-15 menit. Setelah oven sudah dirasa panas, keluarkan daging dari kulkas. Diamkan sebentar, lalu masukkan ke dalam oven. Panggang selama 20-30 menit ( selama memanggang, lakukan pengecekan dan jangan lupa membalikkan posisi daging apabila sisi atas daging sudah dirasa matang ).

Cara membuat saus lada hitam: 
Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga layu. Masukkan air kaldu. Masukkan saus tomat, saus sambal, blackpepper, kecap, dan maizena. Aduk-aduk hingga kental. Masukan garam dan gula. Lakukan tes rasa. Tambahkan garam dan gula hingga rasanya dirasa sudah sesuai selera.

Cara membuat salad sayur:
Campurkan semua bahan. Aduk hingga merata. Salad siap disajikan.








0 komentar: