Senin, 07 Maret 2016

Happy Tummy: [First Trial] Cinnamon Roll

Bismillah..
Sudah lama sekali punya keinginan untuk membuat roti tapi baru kali ini bisa terlaksana. Daan..pilihan pertama jatuh ke roti jenis ini:cinnamon roll. Pas liat di yutub tutorialnya sepertinya cukup mudah, jadilah agenda hari Sabtu sore diisi dengan membuat roti, selang-seling dengan aktivitas lainnya seiring si kecil yang senang mengajak bermain^_^.

Berhubung minim peralatan baking,maka saya coba cari resep-resep yang kiranya tidak perlu teknik yang ribet dengan peralatan dan bahan yang mudah dicari. Alhamdulillah, dijodohkan dengan sebuah resep dari blog klub bunda baking, meskipun pada akhirnya ada yang saya tambahkan dan saya kurangi karena ketika mencoba resep aslinya,entah kenapa hasil yang saya dapatkan adonannya terasalembek dan sulit diuleni:'( juga untuk fillingnya saya combine lagi sampai sesuai dengan selera saya sendiri.

Hasilnya seperti di gambar berikut. Rasanya Alhamdulillah cukuplah..hehe..rotinya cukup empuk, fillingnya kerasa, wangi cinnamonnya..hmmm...cukup menggoda. Anakku sampai minta nambah terus,Alhamdulillah..

Tapi menurut saya tetap masih ada yang kurang. Rotinya belum selembut roti Jc~ seperti yang saya harapkan hehe (udah lama ga makan Jc* lagi semenjak dapat kabar tidak punya sertifikat halal) .Next time,inshaaAllah mau coba lagi buat cinnamon roll dengan resep baru(mudah2an hasilnya lebih moist..lebih lembut dan empuk lagi.Aamiin...)---> dicatatsebagaipe-erya:)

Untuk first trial ini saya pakai resep sebagai berikut :)
Resep cinnamon roll
resep modifikasi sendiri

Bahan:
8gr ragi instan
25ml air hangat
1 sdt gula pasir
5 sdm mentega yg dicairkan
7 sdm gula pasir
550 gr tepung terigu serbaguna
150ml susu plain hangat
1 butir telur
1 sdt garam

Filling:
1 sdm kayumanis bubuk
1 sdm gula pasir
1 sdm gula merah bubuk
(Campurkan)

Mentega untuk mengoles

Cara membuat:
  1. Tes apakah ragi masih berfungsi dengan baik dengan cara masukkan 25ml susu hangat ke dalam gelas, tambahkan 1sdt gula, aduk-aduk, llbaru kemudian masukkan ragi instan 8gr ke dalamnya. Aduk2. Tunggu 10 menit. Apabila cairan banyak berbusa, tandanya ragi telah bekerja dan siap digunakan.
  2. Dalam wadah berbeda,campurkan bahan kering (terigu+gula+garam) aduk2 hingga merata, masukkan bahan basah ( campuran ragi tadi, telur kemudian susu sedikit2) sambil tetap diaduk hingga teksturnya kenyal tidak lembek ( ditandai dengan adonan tidak banyak yang menempel ditangan ketika selesai mengaduk)
  3. Tutup wadah dengan kain basah.Diamkan di suhu ruang (atau hangat) selama sekitar 45 menit.
  4. Apabila hasilnya adonan mengembang dua kali lipat lebih besar,tandanya adonan sudah siap dipakai.
  5. Panaskan oven pada suhu 180. 
  6. Tinju adonan yang mengembang hingga kempes, kemudian uleni kembali dengan tangan.
  7. Letakkan adonan diatas wadah yang pipih. Bagi menjadi dua. Masing2 adonan dibentuk menjadi persegi panjang, pipihkan adonan sesuai ketebalan yang diinginkan (kalau saya +/- 1cm).  
  8. Olesi mentega di atas permukaan adonan.Taburkan campuran filling (kayumanis+gulpas+gulmer) diatas mentega.
  9. Gulung perlahan hingga membentuk roll.
  10. Potong-potong dengan ketebalan yang  diinginkan (saya+/-1cm)
  11. Masukkan kedalam oven yang telah dipanaskan. Panggang selama15-30menit. Jangan lupa melakukan pengecekan apakah sudah matang rotinya atau belum.
  12. Jika sudah matang,keluarkan roti dari oven dan olesi mentega di atas roti cepat-cepat selagi roti masih panas.
  13. Cinnamon roll siap disajikan.







0 komentar: